4 Cara Mengecek Nomor BJPS Ketenagakerjaan Secara Online Dijamin Mudah Dan Aman

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan RTH Pada Pemkab Gianyar

Apakah sekarang kamu lupa nomor kartu keanggotaan BJPS Ketenagakerjaan (BPJSTKU)? Tentunya lupa nomor BJPS Ketenagakerjaan akan sangat merepotkanmu, terlebih lagi jika membutuhkannya secara mendesak.

Nomor kepesertaan BJPS Ketenagakerjaan terbilang penting, salah satunya berguna saat kamu ingin mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT). Selain itu juga berguna untuk memastikan apakah kepesertaan BJPS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak.

Sayangnya, ada saja orang yang lupa dengan nomor BJPS Ketenagakerjaan tersebut. Bahkan dalam sejumlah kasus kartu BJPS Ketenagakerjaan tersebut hilang, entah karena terselip atau lupa menaruhnya.

Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu cemas apalagi bingung. Sebab, kamu bisa bisa mengecek nomor BJPS Ketenagakerjaan melalui berbagai cara yang tersedia dibawah ini.

Bahkan ada cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP saja. Berikut 4 cara cek nomor BJPS Ketenagakerjaan secara online dijamin mudah dan aman :

1. Cek Nomor BJPS Ketenagakerjaan Via Aplikasi

Cara mengecek nomor BJPS Ketenagakerjaan yang pertama adalah melalui aplikasi BPJSTKU. Ini menjadi cara yang paling banyak digunakan.

Cek nomor BJPS Ketenagakerjaan melalui aplikasi ini hanya perlu mengunduhnya terlebih dahulu di ponsel. Selain nomor kepesertaan, melalui aplikasi ini juga kamu bisa mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan dan informasi lainnya.

Aplikasi ini bisa diaskes di Android maupun iOS. Adapun cara cek nomor BJPS Ketenagakerjaan via aplikasi adalah sebagai berikut :

  • Pertama – tama, unduh aplikasi terlebih dahulu di ponsel.
  • Jika sudah terunduh, buka aplikasi BPJSTKU.
  • Lalu, klik Login.
  • Selanjutnya masukkan alamat email dan kata sandi yang sebelumnya digunakan untuk registrasi BPJSTKU.
  • Jika belum, registrasi terlebih dahulu.
  • Kemudian login.
  • Pada menu, silahkan pilih kartu digital.
  • Sekarang nomor kartu BJPS Ketenagakerjaan kamu akan muncul pada kartu digital berupa 11 digit angka.

2. Cek Nomor BJPS Ketenagakerjaan Via Situs Resmi

Cara cek BJPS Ketenagakerjaan online selanjutnya adalah melalui situs resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Cara ini cukup mudah tanpa perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu dan bisa untuk kepesertaan mandiri.

Namun, pastikan kamu sudah hapal alamat email dan password yang didaftarkan sebelumnya. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk cek nomor BJPS Ketenagakerjaan yang hilang.

Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama – tama, kunjungi situs bpjsketenagakerjaan.go.id atau langsung klik sso.bpjsketengakerjaan.go.id.
  • Input alamat email dan password yang sebelumnya sudah kamu registrasi.
  • Lalu, klik “Saya bukan robot” atau recaptcha.
  • Silahkan pilih login.
  • Selanjutnya, klik cek kartu digital.
  • Tidak lama kemudian akan muncul nomor BJPS Ketenagakerjaan.

3. Cek Nomor BJPS Ketenagakerjaan Via Call Center

Kamu pun bisa cek nomor BJPS Ketenagakerjaan secara online melalui call center. Kamu tinggal sampaikan permohonan kepada petugas di nomor 175. Lakukan cara ini pada saat jam kerja dan pastikan memiliki pulsa telepon yang cukup.

4. Cek Nomor BJPS Ketenagakerjaan Via WhatsApp

Cara cek nomor kepesertaan BJPS Ketenagakerjaan melalui WhatsApp terbilang praktis. Namun, layanan ini masih terbatas hanya bagi Pekerja Migran Indonesia (TKI) di luar negeri saja.

Kamu bisa meminta pengecekan nomor BJPS Ketenagakerjaan melalui WhatsApp di nomor telepon +62 811 – 9115910 dan +62 855-1500910. Layanan ini berlaku mulai dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB.

Kamu tertarik mencoba cara yang mana?