4 Hal yang mesti disiapkan Agar Kredit Mobil Disetujui

Forum Media Informasi – Bagi sebagian orang, memiliki mobil pribadi atas kerja kerasnya adalah sebuah pencapaian. Mobil pribadi juga menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, namun harganya yang mahal membuat masyarakat kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang memenuhi syarat untuk kredit mobil untuk memperpanjang kredit.

Baik membeli mobil secara kredit maupun langsung memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keuntungan membeli mobil secara kredit adalah Anda bisa mencicil sesuai kapasitas, tanpa harus menabung atau menunggu lama untuk mengumpulkan uang untuk membeli mobil, dan lain-lain.

4 Hal yang mesti disiapkan Agar Kredit Mobil Disetujui

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mendapatkan kredit mobil, mulai dari fasilitas kredit, cicilan, hingga syarat yang harus dipenuhi. Dengan memenuhi persyaratan untuk pinnjaman mobil, lebih mudah untuk menerima aplikasi pinnjaman mobil. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan kredit mobil, antara lain:

1. Pembayaran Awal (DP)

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk kredit mobil adalah uang muka atau down payment. Ya, pasalnya syarat kredit mobil adalah memberikan uang muka atau down payment sebagai tanda bahwa Anda siap untuk memperpanjang kredit. Setiap perusahaan leasing mengirimkan uang muka yang berbeda-beda, sebagai ilustrasi DP biasanya berkisar 20-30% dari harga mobil yang Anda pilih.

Misalnya, jika Anda menginginkan mobil seharga $400 juta, maka uang muka yang harus Anda bayarkan berdasarkan persentase tersebut adalah sekitar $80 juta. Umumnya, uang muka juga akan mempengaruhi cicilan dan jangka waktu pinnjaman. Semakin tinggi pembayaran awal yang Anda berikan, semakin ringan cicilan yang dibayarkan nantinya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, Anda dapat terlebih dahulu melakukan survei ke lembaga keuangan.

2. Dokumen persyaratan pinnjaman mobil

Persyaratan selanjutnya untuk kredit mobil adalah menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinnjaman. Perlu diketahui bahwa yang bisa mendapatkan kredit mobil adalah warga negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia, berusia antara 21 hingga 60 tahun pada saat pinnjaman dilunasi, serta memiliki pekerjaan dan penghasilan yang jelas setiap bulannya.

Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk kredit mobil, mulai dari KTP atau KTP, KK, NPWP, bukti pembayaran tagihan listrik, air dan PBB, payroll, buku rekening atau tabungan 3 bulan terakhir. , surat pernyataan praktik, izin profesi, tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (jika ada), bagi pengusaha untuk meminta SIUP dan anggaran dasar perusahaan.

3. Miliki akun Rekening yang sehat

Masih terkait dengan dokumen yang harus disiapkan terlebih dahulu, dimana harus dilampirkan buku rekening atau tabungan 3 bulan terakhir. Dalam hal ini, pastikan Anda memiliki rekam jejak atau akun yang sehat. Persyaratan pinnjaman mobil ini harus dipenuhi agar aplikasi mudah diterima.

Jadi seperti apa akun yang sehat itu? Akun yang sehat memiliki riwayat transaksi yang baik, pendapatan dan pengeluaran yang seimbang, surplus aktif, atau menunjukkan pendapatan yang berkelanjutan dan tidak menunjukkan hal yang mencurigakan. Hal ini dikarenakan perusahaan sangat memperhatikan syarat kredit mobil dan menjadi salah satu pondasi bisnis, apakah Anda memenuhi syarat untuk mengajukan kredit mobil atau tidak.

Perusahaan umumnya tidak menyetujui pemilik akun yang pendapatannya tidak stabil dan menunjukkan sesuatu yang mencurigakan. Pasalnya hal tersebut menggambarkan jika Anda tidak bisa mencicil karena tidak memiliki penghasilan tetap. Hal ini sangat wajar, karena perusahaan harus menjamin kredibilitas pembelinya.

4. Tentukan jangka waktu kredit

Syarat kredit mobil yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah menentukan jangka waktu kredit atau jangka waktu jatuh tempo pembiayaan sesuai dengan kemampuan Anda. Untuk menentukannya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti kebutuhan keluarga, pendapatan, dan rencana keuangan. Alangkah baiknya jika Anda membicarakan hal ini dengan keluarga atau pasangan Anda, karena ini berkaitan dengan keuangan masa depan.

Semoga informasi ini bermanfaat