5 Jenis Kursi Kantor yang Sering Digunakan di Indonesia

HATTEFJÄLL kursi kantor dgn sndrn tangan, Gunnared krem | IKEA Indonesia

Saat memilih jenis kursi kerja untuk Anda gunakan sendiri atau digunakan di kantor Anda, harus menawarkan kenyamanan agar Anda atau pengguna lain dapat bekerja dengan nyaman dalam waktu yang lama. Sebelum mempertimbangkan untuk membeli kursi, Anda disarankan untuk memeriksa bagian-bagian penting dalam kursi berikut ini!

 

Hal Penting dari Kursi Kantor

  1. Sandaran punggung

Sandaran harus nyaman dan memberikan penyangga yang baik terutama pada daerah pinggang. Untuk kursi kerja harus menggunakan sandaran yang tidak kaku, bisa terbuat dari busa atau karet.

Kursi yang kaku dapat menyebabkan postur tubuh menjadi buruk dan akan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

  1. Tempat duduknya

Dudukan kursi kantor juga harus pas, terlalu keras bisa menjadi tidak nyaman jika Anda duduk terlalu lama, dan terlalu empuk tetap bisa membuat Anda tidak nyaman duduk di tempat kerja.

  1. Sandaran tangan

Ini opsional tetapi membantu untuk merehatkan tangaan Anda saat ditempat duduk. Kursi dengan sandaran tangan lebih nyaman, tetapi relatif lebih mahal dan memakan lebih banyak ruang.

 

Jenis Kursi Kantor yang Umum di Indonesia

  1. Kursi kantor berkaki 4

Kursi kantor berkaki 4 merupakan jenis kursi yang paling sederhana dan biasanya juga paling murah di antara yang lainnya. Kursi 4 kaki ini cocok untuk pekerjaan ringan dan pendek.

Kursi ini cocok untuk pekerjaan statis dimana tubuh tidak bergerak. Misalnya, ocok untuk menulis makalah atau mengetik di komputer.

 

  1. Kursi Kantor Kantilever (Kaki C)

Kursi kantor ini memiliki kaki depan yang menopang punggung secara langsung, membentuk huruf C. Rata-rata, kursi ini sedikit lebih mahal daripada kursi kantor 4 kaki di atas.

Kursi ini memberikan rasa seperti pegas karena tidak ada kaki belakang untuk menopangnya, namun kursi ini untuk pekerjaan statis dan tidak banyak bergerak.

 

  1. Kursi kantor beroda

Banyak kantor yang menggunakan kursi roda ini. Ini karena juga menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan sepanjang hari kerja, sambil tetap cocok untuk lingkungan kolaborasi multi-workstation.

Kursi ini menawarkan tempat duduk yang tepat untuk orang-orang dari semua ketinggian dan aktivitas mereka. Ketinggian kursi ini dapat diatur dengan tuas yang mengatur pegas hidrolik di bawah kursi.

Mekanisme 6 roda di bawah kursi memungkinkan pengguna untuk bebas bergerak dan berputar, sehingga kursi ini cocok untuk pekerjaan dinamis dengan mobilitas tinggi.

 

  1. Kursi dengan Sandaran Tinggi

Jenis kursi kantor pertama yang bisa menjadi pilihan adalah kursi high back. Nah, sandaran ini bisa membuat area belakang tubuh dari kepala hingga punggung hingga bawah menjadi lebih nyaman.

Kursi kantor dengan sandaran tinggi ini biasanya dilengkapi dengan sandaran kepala untuk membuat Anda merasa lebih nyaman saat duduk selama bekerja. Pilih juga kursi kantor dengan bahan mesh agar sirkulasi udara ke tubuh lebih merata dan tidak mudah berkeringat.

 

  1. Kursi Tanpa Lengan

Siapa bilang kursi kantor selalu memiliki sandaran tangan? Bagi Anda yang merasa sandaran tangan membuat kursi semakin sempit, Anda bisa memilih kursi jenis ini.

Kursi ini tidak hanya terlihat lebih sederhana, tetapi juga membuat Anda lebih leluasa bergerak. Biasanya, kursi kantor tanpa sandaran tangan terbuat dari bahan seperti vinyl, plastik, atau kayu.