5 Manfaat Memelihara Lidah Mertua di Rumah

Tanaman hias umumnya ditanam untuk menghiasi ruangan atau membuat pekarangan tampak asri. Saat ini, memelihara tanaman hias menjadi hobi banyak orang salah satunya adalah lidah mertua atau snake plant yang menjadi incaran banyak kolektor tanaman.

Snake plant merupakan salah satu tanaman hias yang cukup disukai di Indonesia. Bentuk dan warnanya yang unik menjadikan tanaman ini cocok ditempatkan di dalam ruangan di rumah, kantor, atau sebagai penghias beranda. Bukan hanya sebagai hiasan ternyata banyak efek positif dari tanaman ini untuk manusia juga lingkungan.

Manfaat Lidah Mertua

Ternyata, bukan hanya sebagai hiasan ruangan, tanaman hias satu ini juga memiliki banyak manfaat. Mulai dari membantu menangkal radiasi dan polusi sampai pembawa keberuntungan bagi pemeliharanya. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Sebagai Penghasil Oksigen

Memiliki tanaman hias di dalam ruangan saat siang hari dapat membuat ruangan lebih segar. Salah satu tanaman yang dapat dipilih adalah snake plant karena mampu menghasilkan oksigen lebih banyak dibandingkan tanaman lainnya.

  • Penyerapan Karbon Dioksida yang Efektif

Lidah mertua mampu memproduksi oksigen dalam jumlah banyak dan efisien karena memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida lebih baik dari tanaman lain. Oleh sebab itu, sangat baik menyimpan tanaman ini di dalam ruangan di rumah atau kantor saat siang hari. Namun, jangan lupa untuk mengembalikannya ke luar ruangan saat malam hari.

  • Membantu Mengatasi Polusi Udara

Polusi udara merupakan permasalahan yang sangat mengganggu saat ini. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi polusi udara dan dampaknya bagi kehidupan manusia. Namun, siapa sangka bahwa ada cara mudah untuk membantu mengatasi dampak negatif polusi udara yaitu dengan memelihara snake plant.

Tidak banyak orang menduga tanaman hias yang berfungsi memperindah ruangan ini ternyata punya kemampuan untuk menyerap polutan dalam udara beracun. Dengan memelihara dan merawat tanaman satu ini Anda membantu melindungi diri sendiri dari polutan jahat, seperti polutan penyebab kanker.

  • Membantu Membasmi Gas Buangan Berbahaya

Apa yang dimaksud dengan gas buangan berbahaya? Yaitu zat atau gas yang hadir akibat aktivitas yang sering dilakukan di rumah, misalnya memasak, cat dinding, memasak, kosmetik, maupun gas buangan dari furniture. 

Gas buangan seperti ini tanpa disadari akan terserap tubuh. Namun, tanaman snake plant mampu membantu menyerap gas buangan tersebut sehingga tidak membahayakan penghuni rumah.

  • Sebagai Energi Pelindung

Salah satu manfaat dari snake plant adalah kemampuannya melawan energi negatif sehingga bisa menjadi pemurni tempat. Namun, banyak orang tidak mempercayai hal ini. Bagi orang yang percaya biasanya meletakkan tanaman ini di sudut tenggara, selatan, dan timur.

Tanaman lidah mertua memiliki sejuta manfaat yang mampu membuat kehidupan manusia lebih baik. Jadi, sangat baik jika Anda memiliki dan memelihara tanaman satu ini. Ingin tahu lebih banyak mengenai berbagai hal terkait tanaman ini dan berbagai tanaman lainnya, Anda dapat akses ke berbagai artikel home & living di laman orami.co.id.