5 Tips Membeli Sepeda Motor Bekas

5 Tips Membeli Sepeda Motor Bekas – Buat kamu para pembaca postingan ini yang mau ketahui teknik membeli sepeda motor bekas supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari, sehingga saya bakal sedikit memberi tipsnya buat menolong kamu yang mau memperoleh motor second namun dengan performa bagus dan tidak mengecewakan.

Memanglah  yang paling  bagus  ialah  beli motor anyar di dealer sah, namun kalau cost belum ada serta nyatanya penggunaan juga tidak begitu sering, bolehlah buat beli motor bekas. akan tetapi resikonya agak besar.

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk proses membeli sepeda motor bekas.

 

Tips Membeli Sepeda Motor Bekas

Dibawah ini ada 5 tips yang bisa kamu ikuti dalam proses membeli motor bekas, supaya kamu tidak mendapatkan masalah di kemudian hari dan menjadi rugi. Berikut adalah tips-tips nya.

 

1. Cek Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan

Ini ialah perihal pertama yang harus dilihat dalam membeli sepeda motor bekas. yakinkan seluruh surat -teks nya masih  berlaku , tidak  memiliki permasalahan hukum serta legal. janganlah sampai kamu membeli kendaran maupun benda apapun yang tidak jelas asal-usulnya, khususnya second hand.

 

Baca Juga : Oli Motor Matic X-TEN

 

Bukankah kamu tidak berharap apabila kelak mendapatkan  permasalahan di kemudian  hari bukan. separuh perihal yang penting ialah pastikan  seluruh surat yaitu STNK serta BPKB(1) tidak bermasalah. berikutnya yang harus kamu lakukan ialah mengecek pajak tahunan, pajak 5 tahunan serta kesesuaian antara nomor rangka(2) di institusi  kendaraan  dengan yang tercatat  di surat.

Sesudah perundingan berakhir, segeralah mengurus prosedur balik nama  kendaraan  biar sepeda motor itu legal seluruhnya selaku milik  kamu. cara ini sesungguhnya gampang serta tidak harus mengenakan jasa  orang ketiga.

 

2. Mesin Kendaraan Masih Dalam Kondisi Baik

Mesin merupakan nyawa dari sepeda motor. sehingga sia-sia kamu  membeli semacam  kendaraan bermotor yang sisa dengan tahun yang tengah muda tapi keadaan mesin telah tidak bagus. Esoknya motor itu bakal kerap macet dan juga memeras kantong kalian.

Cek baik-baik keadaan  mesin, amati suaranya selagi dikendarai. Apakah motor itu langsung menyala? Masih  berfungsikah electric starter ? gimana dengan pengapian? Apakah terlihat permasalahan dengan kaki-kaki, karburator, gir, knalpot ataupun sistem bahan  bakar?

Sebelum  jadi membeli, meminta ijin buat mencoba kendaraan itu dengan cara langsung selama separuh jam. yakinkan seluruhnya baik-baik saja.

Sesudah membeli, kalian dapat juga langsung memasukkan ke bengkel sepeda motor yang tepat  buat dijalani perbaiki serta pengecekan .

 

3. Body Kendaraan Masih Bagus

Tidak cuma  mesin, body serta penampakan pula  sebenarnya  berarti . janganlah  hingga  terdapat perubahan  yang mencelakakan , semacam mengurangi skok, menukar bagian terpilih dari rangka , ataupun  memakai dimensi ban yang tidak tepat.

 

4. Harga Yang Kompetitif

Tentu saja harga motor bekas tidak bisa lebih mahal  dari yang terkini. umur penggunaan  serta keadaan motor bakal kurangi harga jual. buat itu musyawarahkan baik-baik serta janganlah ragu membicarakan saat sebelum mengambil keputusan membeli.

 

5. Tidak Bermasalah Dengan Leasing

Yakinkan latar  belakang  motor memanglah tidak  memiliki  kasus. kalau pemilik lama nyatanya membeli dengan cara  di cicil, mintalah data  pelunasan  serta  tinjau  ke dealer ataupun pusat jual beli motor legal supaya tidak  memiliki  kasus dengan leasing atau debt collector kemudiannya.

 

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara membeli kendaraan bekas, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan cek sebelum deal membeli motor second.

Agar kamu tidak mendapatkan masalah di kemudian hari dari proses pembelian kendaraan bekas tersebut, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Referensi : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia