Agar Tidak Salah Pakai, Kenali Dulu Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih Ini

Meskipun tidak terlalu populer untuk hidangan asli Indonesia, namun faktanya bawang Bombay bukanlah hal yang sulit untuk dijumpai di pasaran. Anda bisa dengan mudah menemukannya di pasar dengan harga yang memang lebih mahal dibandingkan dengan jenis bawang yang lainnya. umumnya ia dapat dijadikan sebagai bumbu dalam beberapa jenis masakan, juga digunakan sebagai bahan membuat cemilan, seperti diantaranya adalah onions ring. Bawang bombay ini sendiri terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya adalah yang merah dan juga putih.

 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Sama seperti di Indonesia ada jenis bawang merah dan juga bawang putih, maka bawang bombay ini sendiri juga ada yang merah dan putih. Lalu apa perbedaan antara keduanya? Berikut ini yang wajib Anda ketahui, yaitu:

  1. Ukuran dan bentuknya, diantara perbedaan yang cukup mencolok dan juga dapat dilihat secara mudah adalah dari segi ukuran juga bentuk. Pada bawang bombay merah ini ukurannya cenderung lebih besar, karena memang lapisan dagingnya sendiri juga lebih tebal, sama halnya seperti bawang merah. Berbeda dengan bawang bombay putih yang lebih kecil ukurannya.
  2. Rasa, khusus untuk bawang bombay merah umumnya memiliki cita rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan bawang bombay putih. Namun memang perbedaannya tidak terlalu mencolok.
  3. Ketebalan daging, diantara keduanya maka bawang bombay merah memiliki daging yang memang lebih tebal, dibandingkan dengan jenis bawang bombay putih yang memang lebih tipis, sehingga lebih cepat garing ketika dimasak.
  4. Warna, perbedaan yang terlihat jelas memang dari segi warnanya, dimana bawang bombay putih punya kulit yang warnanya putih dan agak kecoklatan, sedangkan bawang bombay merah warna kulitnya cenderung merah keunguan.

Penggunaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Wajib tahu juga bahwa keduanya digunakan untuk hidangan yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Bawang bombay putih, jika dilihat dari segi ketebalan dagingnya yang lebih tipis, juga cita rasa yang tidak terlalu kuat, maka jenis yang satu ini paling tepat dijadikan sebagai bahan campuran untuk salad atau aneka hidangan ala Meksiko maupun perancis, dipakai sebagai bahan untuk onions ring hingga bahan untuk tumisan.
  2. Bawang bombay merah, agak berbeda dengan bawang bombay putih, maka cita rasa dari bawang bombay merah lebih kuat, paling cocok dipakai untuk aneka hidangan dari negara Asia Selatan, Pakistan, India sampai dengan Bangladesh, misalnya masakan sejenis sup ataupun saos dengan cita rasa barang yang kuat.

Cara Belanja Sayur dan Buah Segar Secara Mudah

Belakangan semenjak pandemi bayang orang yang enggan untuk berbelanja kebutuhan dapur layaknya sayur maupun buah langsung. Karena memang resikonya sendiri juga terbilang besar. Sehingga salah satu alternatif mudah yang dapat dilakukan adalah dengan membelinya via online. Anda bisa melakukannya cukup lewat aplikasi TaniHub saja. Dimana ia adalah platform ecommerce berbasis aplikasi yang secara khusus menjual beragam jenis produk kebutuhan sehari-hari yang kesegarannya tetap terjaga, karena didapatkan secara langsung dari petani lokal yang baru panen.

Lewat TaniHub ini juga maka Anda sudah berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian lokal, karena menggunakan produk-produk asli dari petani lokal. Kesegarannya akan tetap terjaga dengan adanya sistem pengiriman super cepat, pembayarannya sendiri juga mudah melalui beragam jenis metode, dapat disesuaikan dengan kemudahan Anda. Aplikasinya dapat didownload lewat Play store maupun juga Appstore.