Analisis SWOT Tentang Fintech Syariah di Indonesia

Analisis SWOT merupakan strategi yang dapat dilandaskan dengan logika guna memaksimalkan peluang dan kekuatan, namun secara bersamaan mampu meminimalkan ancaman dan kelemahan yang ada. Analisis SWOT tentang fintech syariah di Indonesia dalam berita fintech Indonesia dijelaskan dalam pembahasan di bawah ini.

Analisis SWOT Fintech Berbasis Syariah

Analisis SWOT bermanfaat untuk menyusun dan merumuskan program atau konsep pengembangan pada fintech syariah. Di bawah ini elemen dasar SWOT fintech syariah yang perlu anda ketahui.

1. Analisis Kekuatan

  • Memiliki layanan selama 24 jam secara keseluruhan
  • Layanan fintech syariah memberikan kemudahan untuk peminjam dalam mengajukan peminjaman dana lewat aplikasi yang dapat didownload sekaligus dijalankan secara¬† mudah
  • Fintech berbasis syariah memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi online melalui media digital.

2. Analisis Kelemahan

  • Kegiatan fintech berbasis syariah hanya bisa dilakukan dengan sempurna jika memiliki koneksi internet memadai. Layanan keuangan ini kurang efektif jika dijalankan di tempat yang infrastruktur teknologinya masih rendah.

3. Analisis Peluang

  • Industri fintech berbasis syariah tunduk dengan aturan dan ketentuan syariat Islam maupun OJK. Salah satu bentuk dukungan pelayanan pembiayaan yang cepat, nyaman sekaligus murah.
  • Analisis SWOT tentang fintech syariah di Indonesia terkait peluang ini mengedepankan tingkat pengetahua masyarakat tentang IT yang cukup tinggi. Dengan demikian, mampu membuat mereka menggunakan aplikasi fintech dengan mudah dalam aktivitas pengajuan pembiayaan.
  • Mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Islam yang bisa menjadi peluang potensial bagi fintech syariah yang menjalankan usaha sesuai dengan syariat.

4. Analisis Ancaman

  • Aktivitas finansial masyarakat sekarang ini banyak menggunakan fintech konvensional. Ini berpengaruh pada tingkat penggunaan layanan fintech syariah yang masih sedikit.
  • Tingkat pengetahuan masyarakat tentang kelebihan fintech syariah masih rendah. Mereka masih mengklaim layanan syariah ini memiliki konsep sama dengan perbankan atau fintech konvensional.

Demikian hasil Analisis SWOT tentang fintech syariah di Indonesia yang sebenarnya bertujuan untuk menjangkau lapisan masyarakat yang memerlukan pendanaan. Hadirnya fintech syariah sebenarnya memudahkan akses masyarakat untuk mengajukan pinjaman tanpa bunga.