Bahaya Nya Le Van Do Sang Pemain Vietnam U-23

Jakarta Sport – Timnas Indonesia U-23 harus mengakui kekalahan telak 0-3 dari timnas Vietnam U-23 pada laga perdana grup A di ajang football SEA  2021 beberapa hari lalu. Kekalahan tersebut tentu membuat peluang lolos timnas dari babak grup menjadi berkurang. Salah satu pencetak gol Vietnam pada laga tersebut adalah Le Van Do yang mencetak gol penutup kemenangan timnya. Di string ini, ane akan mengulas sosoknya. Selamat menyimak dan semoga menambah wawasan kita semua.

Le Van Do terlahir pada 7 Agustus 2001 di kota Tam Ky provinsi Quang Nam yang terletak di bagian tengah Vietnam. Le Van Do yang bertinggi badan 1,73 meter serta memiliki posisi bermain utama sebagai gelandang kanan mulai bermain football di tim junior SHB Da Nang pada 2012-2014. Pada 2015, Van Do pindah ke PVF Football Academy sebuah tim akademi football yang terletak di kota Hung Yen.

Menurut information di situs transfermarkt.com, Van Do yang juga mampu bermain di posisi gelandang kiri, gelandang serang, serta wing-back kanan, saat ini sedang menjalani masa peminjaman di klub Pho Hien FC. Van Do bergabung dengan Pho Hien FC sejak Januari 2022 dan akan membela klub tersebut hingga November 2022. Sejauh ini, Van Do telah tampil dua kali untuk Pho Hien FC serta mencatatkan satu gol serta satu help.

Van Do pertama kali tampil bersama timnas Vietnam U-23 pada laga persahabatan menghadapi timnas Tajikistan U-23 pada 11 Oktober 2021. Pada laga yang berakhir 1-1 tersebut, Van Do masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-46. Enam hari kemudian, Van Do tampil selama 84 menit pada laga persahabatan menghadapi Kyrgyzstan U-23. Pada laga yang berakhir dengan kemenangan Vietnam 3-0 tersebut, Van Do mencatatkan satu gol dan satu help.

Sejauh ini, Van Do telah membela Vietnam U-23 sebanyak 10 kali di berbagai ajang. Van Do mampu mencatatkan dua gol dan satu help dalam 10 laga bersama timnas Vietnam U-23.

Saat menjalani masa peminjaman di Pho Hien FC pada Juli 2019 hingga November 2020, Van Do mampu meraih posisi next in line V League 2.

Itulah profil singkat Le Van Do sang pencetak objective ketiga Vietnam U-23 ke gawang Indonesia U-23 pada laga perdana babak grup ajang football SEA 2021. Semoga string ane ini menambah wawasan kita di  Asia Tenggara.