Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh sebuah perusahaan TI CBT Nuggets, menyebutkan bahwa keyboard laptop bisa menampung lebih dari 20.000 bakteri apabila dibandingkan dengan dudukan toilet. Tentu di era pandemi seperti saat ini, anda banyak menggunakan laptop dalam aktivitas kerja sehari-hari.

Apabila menggunakan laptop secara bergantian dengan anggota keluarga yang lain ketika pandemi seperti ini, ada baiknya anda melakukan pencegahan penyebaran virus dan kuman yang mungkin terjadi melalui keyboard. Berikut ini cara membersihkan keyboard laptop yang dapat anda coba dengan mudah.

1. Mematikan laptop

Sebelum anda memulai membersihkan laptop, pastikan untuk mematikannya terlebih dahulu. Dengan demikian peluang anda untuk menekan kombinasi tombol pun menjadi lebih kecil. Selain itu, anda juga perlu mencabut charger dari laptop dan soket listrik guna menurunkan resiko konslet karena kelembapan yang mungkin masuk pada laptop.

Disamping itu, anda juga harus mempertimbangkan untuk mem-backup data guna berjaga-jaga ketika terjadi masalah ketika anda membersihkan keyboard.

2. Membersihkan remah-remah

Untuk membersihkan debu, kotoran dan remah besar di sekitar tuts keyboard, anda dapat membalik posisi perangkat anda agar bisa terjatuh. Pukul bagian bawah sasis secara perlahan untuk melepaskan kotoran yang mungkin menempel. Anda juga bisa menekan gel slime pembersih antara tuts supaya kotoranĀ  bisa menempel lalu terangkat.

Lalu, pakai vacuum untuk menghilangkan kotoran pada keyboard dengan lebih bersih. Anda dapat memakai ujung berukuran kecil dengan pengaturan tenaga vacum yang paling rendah.

3. Membersihkan menggunakan desinfektan serta hilangkan noda

Berikutnya yakni membersihkan permukaan keyboard guna menghilangkan noda dan kuman. Lap semua permukaan keyboard menggunakan kain desinfektan, akan tetapi hindari penggunaan kain dengan kandungan pemutih.

Pastikan untuk tidak menggunakan bahan cair saat membersihkan bagian bawah keyboard. Usahakan memeras kain terlebih dahulu sebelum dipakai agar tidak terlalu basah. Selain itu, jangan menyemprotkan cairan pembersih pada keyboard secara langsung. Berikutnya, anda tinggal mengeringkan keyboard menggunakan kain berbahan lembut dan kering.

Demikian ulasan mengenai cara membersihkan keyboard laptop untuk anda coba terutama di masa pandemi seperti saat ini agar terhindar dari virus dan kuman. Bagi anda yang mencari informasi teknologi lainnya maka anda dapat mengakses laman https://haxina.com yang merupakan media informasi teknologi terupdate dan paling lengkap.