Cara Menggunakan Keyword Planner Secara Mudah

Jika Anda baru memasuki dunia Google Adwords maka salah satu hal yang perlu dikuasai adalah cara menggunakan keyword planner. Mengapa hal tersebut penting untuk dikuasai? Karena keyword planner memerankan bagian krusial dalam penayangan iklan online anda.

Keyword planner akan membantu Anda untuk memaksimalkan iklan yang Anda pasang dan kemudian hal tersebut dapat meraih atensi pengunjung sehingga dapat berdampak bagi penjualan.

Belum mengetahui bagaimana cara menggunakan keyword planner secara efektif? Berikut ulasan termudah untuk keyword planner yang bermanfaat untuk Anda ketahui.

Mengenal Google Keyword Planner

Salah satu produk layanan dari Google ini berfungsi untuk mengoptimalisasi Anda untuk mencari kata kunci paling relevan. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat sangat berpengaruh pada penayangan iklan dan jumlah pengunjung. Produk ini akan menyortir kata kunci yang sesuai dan paling ramai dicari oleh pengunjung.

Selain itu, fitur ini turut menghadirkan laporan tentang persaingan yang terdapat dalam sebuah kata kunci. Sebagai contoh jika dalam suatu kondisi kata kunci tersebut telah dipakai oleh berbagai pihak untuk mengiklankan sebuah produk, maka akan terdapat laporan yang tertulis sebagai persaingan ketat.

Semakin ketat atau ramainya kata kunci yang telah digunakan membuat biaya iklan atau biaya per klik akan meningkatkan ongkos iklan. Hal ini bertujuan agar iklan yang Anda pasang akan tampil secara maksimal oleh Google pada halaman utama dan tidak kalah dengan pesaing.

Disamping untuk meningkatkan penayangan iklan, fitur ini juga dapat Anda gunakan untuk meriset kata kunci paling sesuai yang dapat digunakan dalam laman anda.

Cara Menggunakan Keyword Planner

Setelah mengetahui apa itu keyword planner maka langkah selanjutnya adalah saatnya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan keyword planner.

1. Login Akun Google Ads

Anda harus masuk ke akun Google Adwords untuk dapat mengakses fitur ini. Jika belum memiliki akun maka Anda dapat membuat akun dengan mudah pada halaman awal. Tidak perlu khawatir mengenai biaya, karena biaya akan dibebankan hanya jika Anda menaikkan iklan melalui Google Adwords.

Langkah selanjutnya setelah berhasil login maka Anda dapat memilih menu keyword planner dengan memilih opsi dengan icon obeng. Kemudian setelah menuju opsi tersebut Anda dapat memilih keyword planner.

2. Akses Menu Google Keyword Planner

Setelah berhasil mengakses fitur keyword planner maka Anda dapat melakukan tahap berikutnya yakni membuat keputusan terkait dengan kata kunci yang akan digunakan.

Pada fitur ini memiliki dua pilihan utama yang memiliki hasil pencarian berbeda sebagai berikut:

Find Keyword

Pilihan ini dapat Anda gunakan untuk meriset kata kunci paling relevan berdasarkan produk atau usaha yang akan Anda iklankan. Cara menggunakan menu ini adalah dengan mengetik kata kunci terkait dengan produk atau usaha Anda di mesin pencarian.

Ketika Anda telah melakukan pencarian maka fitur ini akan menghasilkan daftar kata kunci yang relevan dengan kebutuhan. Hasil tersebut dilengkapi dengan informasi lain seperti angka pencarian, tingkat persaingan hingga biaya yang diperlukan per klik mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi oleh pesaing.

Get Search Volume and Forecast

Menu pilihan ini menghasilkan perkiraan ongkos yang Anda perlukan dalam memasang iklan dengan menggunakan kata kunci yang dihasilkan dari pencarian. Perlu diketahui bahwa biaya yang terdapat dalam fitur ini adalah estimasi dan Anda dapat merencanakan biaya sesuai kemampuan.

Berdasarkan kedua menu pilihan yang telah disebutkan, Anda dapat menyesuaikan sesuai kemampuan dan kebutuhan anda. Keyword planner sendiri sangat bermanfaat bagi Anda untuk meriset kata kunci yang paling relevan untuk mengoptimalisasi website Anda agar meraih impresi pengguna internet.

3. Mengetik Kata yang Relevan dengan Produk atau Usaha Anda

Langkah selanjutnya setelah memutuskan menggunakan fitur apa adalah mulai melakukan riset kata kunci dalam menu pencarian. Anda dapat memulainya dengan mengetik kata atau frasa yang relevan dengan bisnis yang Anda miliki.

Setelah Anda melakukan pencarian dalam kolom yang tersedia maka kemudian Anda akan ditampilkan ratusan hingga ribuan hasil rekomendasi kata kunci paling relevan.

Cara menggunakan keyword planner secara mudah adalah dengan Anda menentukan kata kunci paling relevan yang telah dihasilkan dan telah mengamati level persaingan pencarian.

Dalam keseluruhan langkah-langkah cara menggunakan keyword planner sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit untuk Anda lakukan. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah optimalisasi kata kunci agar pengguna internet tertarik dan mengunjungi website anda.

Meskipun terlihat mudah, Anda tidak serta merta meremehkan setiap langkah dalam meriset kata kunci.

Oleh karena itu Anda dapat menggunakan jasa dari Cv. Exito Bali, merupakan perusahaan Web Development, Jasa SEO & Digital Online Marketing TerlengkapĀ  no.1 di Bali. Anda dapat memilih jasa dan harga jasa seo sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selamat mencoba!