Cara Paling Bijak Menggunakan Listrik Rumah

Boros listrik merupakan kegiatan yang masih banyak dilakukan oleh orang-orang. Padahal hal tersebut adalah kegiatan yang paling tidak bijak. Selain membuat biaya listrik jadi membengkak, boros listrik Juga kegiatan yang sia-sia. Seperti diketahui, harga listrik per KWH tentu berbeda-beda tergantung daya yang dipakai. Anda bisa mengetahui biaya listrik lebih mendetail dari daftar harga listrik per KwH.

Untuk lebih bijak menggunakan listrik agar menyelamatkan biaya listrik dan juga bumi maka anda perlu lakukan empat cara bijak. Seperti berikut ini.

1. Beralih Ke Token Listrik

Anda bisa mencoba dengan beralih ke token listrik untuk menghemat listrik. Penggunaan listrik dengan sistem pulsa ini memang adalah anjuran pemerintah. Penekanan untuk penggunaan listrik lebih hemat dengan sistem pulsa ini tentu saja bisa membuat biaya listrik tidak membengkak setiap bulannya.

2. Sebelum Tidur Matikan Alat Elektronik

Ketika Anda hendak tidur maka lakukan kebiasaan baik dengan menghemat listrik. Caranya yaitu dengan mematikan semua alat elektronik yang masih menyala dan tidak diperlukan.

Perlu juga untuk mematikan yang namanya lampu untuk beberapa ruangan yang tidak terpakai. Biarkan lampu hidup terus semalaman adalah hal kurang bijak yang harus dihentikan.

3. Kurangi Penggunaan Alat Elektronik

Selanjutnya Anda juga perlu melakukan pengurangan untuk penggunaan alat elektronik. Seperti misalnya pada kulkas yang menggunakan daya besar. Ketika anda tidak di rumah untuk jangka waktu yang lama, maka sebaiknya turunkan suhu kulkas menjadi sebuah terkecil.

Selain itu perlu juga untuk mengurangi penggunaan mesin cuci yang boros listrik pula. Anda bisa melakukan cara bijak dengan tidak mencuci pakaian setiap hari agar tidak boros listrik.

4. Perbanyak Ventilasi Rumah

Yang baik untuk dilakukan adalah dengan memiliki ventilasi rumah. Dengan adanya ventilasi maka anda tidak perlu lagi menggunakan AC terlalu lama. Selain AC yang juga berarus listrik adalah kipas angin. Ventilasi membuat ruangan rumah lebih sejuk jadi tidak perlu AC atau kipas angin tambahan di rumah. Kedua alat ini bisa anda manfaatkan hanya ketika musim kemarau saja.

Itu tadi beberapa cara bijak dalam penggunaan listrik di rumah. Bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran listrik prabayar maupun pascabayar lebih mudah bisa lewat LinkAja. Anda yang menggunakan listrik pasca bayar dan penasaran untuk menghitung biaya listrik, mungkin saja membutuhkan yang namanya daftar harga listrik per KwH. Dengan cara ini maka anda bisa tahu pemakaian listrik lebih detail.