Jenis Olahraga Untuk Lansia Yang Aman Dan Paling Direkomendasikan!

 

Menjaga tubuh tetap fit bukan hanya untuk kawula muda saja, para lansia juga harus melakukannya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga adalah aspek penting dari penuaan yang sehat. Olahraga juga bisa mencegah sejumlah penyakit kronis dan kematian dini. Ada banyak pilihan olahraga untuk lansia yang cukup aman dilakukan. Bagi yang belum tahu, berikut beberapa daftar olahraga yang bisa dilakukan para lansia.

1. Jalan Santai

Orang tua tentu tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas fisik yang berat. Maka dari itu harus memilih olahraga yang santai tapi tetap menjaga kebugaran agar tubuh tetap fit. Salah satunya, bisa memilih olahraga jalan santai untuk membakar kalori dan juga menambah stamina.

Jalan santai juga berfungsi untuk menguatkan jantung. Namun sebisa mungkin untuk berjalan tidak terlalu jauh atau terlalu lama. Bisa memilih jalan santai di komplek perumahan atau sekitar halaman saja.

2. Naik Sepeda

Jika jalan santai terlalu membosankan, maka bisa memilih olahraga sepeda. Naik sepeda bisa memperkuat tulang dan sendi dan juga menjaga kesehatan jantung. Tetap pakai alat pelindung yang lengkap ketika naik sepeda untuk mencegah terjadinya cedera.

3. Berenang

Pilihan olahraga untuk lansia bisa juga dengan berenang. Tentu saja berenang mampu meningkatkan kekuatan otot, melancarkan peredaran darah dan juga menguatkan bagian sendi. Berenang juga mampu menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan otak.

4. Yoga

Untuk tetap fokus ketika usia sudah lanjut maka anda bisa pilih olahraga yoga. Yoga membantu latihan fokus pikiran dan juga pernafasan. Jadi bisa dibilang, olahraga yoga ini tidak hanya menjaga kesehatan fisik tapi juga mental. Orang tua tentu lebih sering merasa overthinking, dengan yoga maka bisa mengurangi resiko stress atau depresi.

5. Latihan Keseimbangan

Olahraga untuk lansia agar para orangtua tidak mengalami penurunan keseimbangan maka bisa memilih olahraga latihan keseimbangan. Latihan ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu berdiri diatas satu kaki atau berjalan jinjit.

Itu tadi beberapa pilihan olahraga untuk lansia yang aman dilakukan, murah dan juga bisa dipraktekkan di rumah. Untuk orang tua, maka bisa lebih selektif dalam memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan juga kemampuan fisik.