Ketahui Dulu Hal Ini Penting Sebelum Membeli Electric Winch 2 Ton!

Apa itu winch? Mungkin sebagian orang masih asing dengan benda yang bernama winch ini. Sebelum memutuskan untuk datang ke toko yang jual winch, Anda harus mengetahui terlebih dahulu hal penting seputar winch. 

Ada beberapa merk ternama yang dijual di Pasaran seperti Superwinch, Warn, X-Bull, Smittybilt dan Off-road Boar. Jika baru pertama kali membeli winch, maka Anda harus memastikan bahwa winch tersebut cocok untuk recovery tunggangan 4×4 Anda. 

Hal Penting Sebelum Membeli Winch

Winch ini merupakan alat untuk menarik beban (mobil) yang banyak digunakan oleh para pegiat offroad. Harga electric winch 2 ton dengan level heavy duty tentu berbeda dengan kelas mediumnya, coba saja tanyakan ke toko yang jual winch tersebut. Oleh karena itu perhatikan hal penting di bawah ini agar Anda cukup wawasan mengenai winch. 

1. Kapasitas Winch

Untuk mengukur kapasitas tarik winch, maka bisa direpresentasikan pada satuan pon atau kilogram. Kekuatan tarik sling dan kapasitasnya bisa menentukan bagaimana kinerja yang ditunjukkan oleh winch tersebut. 

Sejumlah winch dari berbagai merk menawarkan RLP lebih dari 13.000 pon, sementara batas minimal kekuatannya adalah 2.000 pon. 

2. Electric Atau Hidrolik

Sistem kerja winch terbagi menjadi dua cara yaitu winch electric dan hidrolik. Bedanya, winch electric lebih kuat tenaganya bahkan ketika kondisi mesin mati, meskipun hanya lima menit. Sedangkan winch hidrolik bisa digunakan tanpa henti selama mesin nyala dengan tenaga yang cukup kuat.

Winch hidrolik banyak digunakan untuk kegiatan komersial berskala besar seperti pertanian, peternakan dan proyek berat lainnya. Para penggiat offroad lebih banyak menggunakan electric winch karena lebih ideal terutama mobil SUV 4X4. 

3. Sling Baja

Toko yang jual winch biasanya akan memberitahukan winch dengan sling baja atau sling plasma. Sling baja terdiri dari kawat karbon baja yang tahan panas dan abrasi, sayangnya sangat berat dan relatif berbahaya. 

Sling plasma sering disebut dengan tali sintetis, jenis ini lebih populer di kalangan offroader lantaran dianggap lebih fleksibel. Dari segi bahannya pun solid dan ringan dengan bobot hanya 5 pon atau 2,3 kg. 

4. Gear Train

Gear train berfungsi untuk menghasilkan putaran drum ketika menarik atau melepas beban. Ada tiga jenis gear train yang digunakan oleh motor penggerak, yaitu spur gear (gear yang menghasilkan gerakan cepat), planetary gear (lebih standar dan halus ketika menarik beban yang cukup besar), dan worm gear (gear yang memiliki performa lambat dan mulai ditinggalkan oleh produsen winch). 

Dengan mengetahui hal penting dari winch, maka toko yang jual winch pun akan segan terhadap Anda dan memberikan barang yang berkualitas. Jika tertarik untuk membeli winch, Anda bisa temukan electric winch 2 ton disini!