Keuntungan Rubah Format File Jadi PDF

Dalam perkembangannya saat ini memang ada berbagai macam jenis format file yang digunakan. Seperti word, pdf, excel, dan masih banyak lagi. Ada banyak orang lebih senang menggunakan format file pdf dibandingkan yang lainnya. Tentu saja ini menarik untuk dicari tahu alasannya.

3 Alasan Mengapa File PDF Lebih Banyak Diminati

Dari banyaknya jenis file yang digunakan memang ada banyak alasan mengapa banyak orang memilih untuk menggunakan PDF. Hal ini tentu saja membuat penasaran, ternyata ada alasan khusus mengapa akhirnya file PDF lebih unggul dibandingkan lainnya.

1. Ukuran File yang Ringkas

Dilansir dari www.mitrapemuda.co.id/ salah satu alasan terkuat mengapa banyak orang akhirnya memilih untuk ubah format file jadi pdf sebelum dikirim adalah karena ukurannya lebih ringkas. Anda tidak perlu lagi melakukan kompres data ke ukuran lebih kecil, sudah pasti bisa dikirim.

Meskipun ukuran file jadi lebih ringkas namun tidak akan mempengaruhi resolusinya. Gambar atau dokumen tetap jelas dan tidak pecah. Jadi sangat mudah untuk di kirim melalui Whatsapp, Gmail, atau media sosial lainnya.

2. Format File Non-Editable

Selain itu ketika dokumen sudah di ubah ke pdf tentunya tidak akan bisa di edit lagi. Itulah mengapa pdf menjadi format file yang sangat berharga. Seban dokumen tidak bisa di ubah, tambah atau kurang. Kecuali jika si penerima mau membuatnya lagi dari awal.

Hal ini tentu sama dengan mengunci dokumen. Menjadikannya baku agar tidak bisa di rubah lagi oleh orang lain. Sangat berguna saat Anda ingin mengirim tugas kuliah atau kerjaan versi excel, word dan semacamnya.

3. Pengelolaan Arsip Dokumen yang Lebih Rapi

Terakhir pdf memang sangat bagus untuk melakukan pengelolaan kearsipan dan dokumen agar lebih rapi. Karena ukurannya juga lebih ringkas tentunya membuat pengelolaan data jadi lebih ringkas, urut dan tertata dengan baik.

Pengubahan format file menjadi pdf sama sekali tidak akan mempengaruhi kualitas konten. Cukup sempurna untuk memenuhi kebutuhan pengarsipan data. Anda juga tidak perlu membayar sepersepun untuk mengubah file tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang akan dirasakan saat menggunakan format file pdf. Namun kembali lagi kebutuhan masing-masing. Bila ternyata memang ingin pakai word atau format lain juga tidak masalah asalkan nyaman digunakan.