Mengenal Tanaman kamboja Fosil Ciri dan Cara Merawatnya

 

. Pohon kamboja fosil sebagai tipe kamboja yang memiliki diameter batang sekitaran 15 cm dengan batang yang nyaris seperti fosil. Untuk menjadi pohon kamboja fosil umumnya memerlukan waktu sampai beberapa puluh bahkan juga beberapa ratus tahun. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Plumeria ini lebih banyak dipakai sebagai pohon percantik taman karena memiliki bunga yang cantik dengan opsi bunga yang banyak dan harum bunganya yang wangi.

 

 

Pohon kamboja fosil ini memiliki kekhasan yang menonjol bila dibanding dengan tipe pohon kamboja yang lain. Keunikkan dari pohon kamboja fosil ini yakni ada pada batang pohon yang telah memfosil, daun yang jarang, dan terlihat seperti pohon bonsai kamboja yang memiliki ukuran besar. Di sini kami akan mengulas mengenai Jual pohon kamboja fosil sekalian tawarkan produk tanaman ini untuk anda yang ingin memiliki.

 

Kami sediakan pohon kamboja fosil pada harga dapat dijangkau dan anda dapat pilih pohon sesuai kemauan anda. Pohon kamboja fosil sebagai tanaman kamboja yang termasuk eksklusif. Pohon ini lebih banyak dipakai sebagai percantik taman dan biasa di tanam di halaman muka rumah sebagai ikon eksklusif. Jika anda tertarik untuk pesan, silakan kontak contact konsumen servicee kami yang telah ada di halaman web ini. Berikut ini ialah rincian secara lengkap mengenai “Pohon Kamboja Fosil”

 

Ciri-Ciri Fisik Kamboja

Walau di indonesia kamboja lebih dikenali sebagai bunga penyemayaman, tapi sekarang kamboja banyak dicari oleh beberapa pencinta tanaman hias. Ini karena pohon kamboja mempunyai beberapa ciri fisik yang paling unik. Tanaman kamboja dapat tumbuh capai 6 mtr.. Memiliki daun tunggal yang memiliki ukuran lebar 10-25cm hingga pas sebagai peneduh.

 

Mempunyai bunga yang seperti terompet dan bergerumbul di ujung-ujung ranting. Warna bunganya terbagi dalam beragam jenis warna yakni merah, putih, dan kuning. Untuk warna bunganya bergantung dari tipe plumerianya. Ada banyak tipe plumeria, tetapi yang terbanyak dicari ialah kamboja fosil super.

 

Sesuai namanya ‘fosil’, tanaman kamboja ini memiliki umur yang paling tua bahkan juga dapat capai beberapa ratus tahun. Ciri-ciri fisik pohon kamboja fosil dapat dikenal secara mudah yakni dari wujud dahan pohonnya yang seperti terlihat otot seorang binaraga. Kamboja ini lebih banyak disukai dan dicari karena memiliki nilai seni yang tinggi, berlainan dengan tipe kamboja yang lain. Jika makin tua umurnya, makin mahal harga.

 

Manfaat Pohon Kamboja Fosil

 

 

– Sebagai tanaman hias : Pohon kamboja fosil mempunyai bunga yang cantik dengan opsi bunga yang banyak dan harum bunganya yang wangi. Oleh karena itu, tanaman ini biasa ditanamkan sebagai tanaman hias di pelataran rumah, taman, dan di tepi kolam renang.

– Sebagai peneduh : Memiliki daun tunggal yang berkuran lebar 10 sampai 25 cm hingga tanaman ini pantas untuk dikukuhkan sebagai pohon peneduh.

– Untuk Perayaan : Di Bali, pohon kamboja ini lebih banyak dipakai sebagai tanaman hias, untuk pendamping upacara , kamboja dipercaya warga memiliki kemampuan penerang jiwa dan sebagai hiasan di badan.

– herbal : Bunga kamboja bermanfaat untuk menurunkan demam, sembelit, dapat hentikan mencret karena disentri, dan hentikan batuk.

 

Langkah Menanam Pohon Kamboja 

 

Pohon kamboja mempunyai 2 wujud daun. Wujud daun kamboja yang pertama mempunyai daun yang berupa lancip dan wujud daun yang ke-2 mempunyai ujung yang membulat. Tapi bedanya tidak memengaruhi langkah penanamannya. Saat sebelum beli kamboja anda harus lebih dulu tentukan tipe, wujud, warna, dan peranan pohon kamboja ketika akan ditanamkan. Anda harus yakinkan bila kamboja ini mempunyai root ball yang dibuntel polybag. Isi polybag yang bagus ialah sekitaran 100 – 200 liter.

 

Sebelum menanam kamboja, bikinlah lubang tanam yang memiliki ukuran 120 x 120 cm dengan kedalaman di antara 80 – 100 cm. Yakinkan lubang yang anda keduk tidak ada kotoran seperti beton dan kerikil. Tanam pohon kamboja dan container yang melekat. Maksudnya, supaya tanaman kamboja bisa menyesuaikan dengan tempat tanam dan tempat baru sama halnya dengan pohon bonsai randu varigata.

 

 

 

Langkah Menanam Pohon Kamboja Dengan Okulasi 

 

 

Ada cara-cara untuk dapat perbanyak bunga kamboja, tapi yang kita ulas saat ini hanya langkah menanam bunga kamboja memakai tehnik okulasi, yakni :

 

– Pertama, anda harus cari pohon kamboja yang sehat, mempunyai batang besar selanjutnya ambil tunas matanya dengan menggunting memakai pisau tajam.

– Lalu cari batang tanaman kamboja sisi bawah yang hendak anda lekatkan tunas barusan, dan irislah sama dengan potongan mata tunas supaya pas ketika akan lakukan penempelan.

– Kemudian lekatkanlah mata tunas itu ke batang sisi bawah tanaman, status mata tunas harus mengarah ke atas.

– Seterusnya ikat dengan kuat, memakai tali plastik. Tapi ingat saat lakukan pengikatan, mata tunas jangan sampai tertutup.

– Jika sudah siap, lebih bagus batang bawah tanaman kamboja kita potong saja. Ini mempunyai tujuan supaya bisa percepat perkembangan mata tunas.

– Tempatkan kamboja barusan pada tempat teduh dengan perputaran udara yang lancar.

– Yang perlu diperhatikan, banyak orang yang kebalik saat lakukan penempelan tunas. Dengan demikian, tunas tidak bisa tumbuh. Anda sebaiknya harus cermat saat sebelum tempelkan tunasnya supaya saat lakukan okulasi kamboja akan sesuai yang anda harapkan.

 

Langkah Merawat Pohon Kamboja

 

Kamboja sebagai pohon yang paling gampang dalam sisi perawatannya. Low pemeliharaan pantas dipakai oleh tanaman kamboja. Kamboja tidak demikian membutuhkan banyak terlibat manusia saat telah capai ketinggian 5 mtr..

 

Seharusnya pohon kamboja ditanamkan dengan intensif sinar matahari langsung. Daun kamoja tidak gampang rontok, tetapi bunga yang telah tua pasti jatuh sendirinya. Pohon ini memerlukan tipe tempat tanam yang porus.

 

Walau secara teoritis pohon kamboja terhitung tumbuhan daratan rendah, tetapi rupanya pohon ini dapat tumbuh subur dimanapun. Walau kamboja sejenis low pemeliharaan, tanaman kamboja memiliki permasalahan dengan gempuran hama.

 

 

 

Tanaman yang mempunyai nilai seni tinggi memang pantas untuk jadi ikon eksklusif properti. Pohon kamboja fosil benar-benar pas untuk ditaruh di halaman muka rumah, atau tepi kolam renang. Untuk kolektor barang purba, kamboja ini pas ditempatkan dalam ruang revisi.

 

Karena karakternya ialah tanaman yang berumur sampai beberapa ratus tahun, cari bibit kamboja fosil juga susah. Tetapi, bila anda betul-betul berminat untuk mempunyai tanaman purba elok ini, anda dapat memesan di sini.