Pengertian GGL pada Listrik

Berbicara tentang gaya di dalam ilmu fisika tentu terdapat banyak sekali jenis dan macamnya, misalnya gaya gerak listrik. Nah, dalam artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai pengertian GGL pada listrik. Maka dari itu, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Gaya Gerak Listrik

Gaya gerak listrik merupakan beda potensial antara berbagai ujung penghantar sebelum adanya aliran arus listrik yang memiliki satuan Volt.

Gaya gerak listrik merupakan suatu energi yang diberikan untuk semua muatan listrik agar bisa bergerak diantara generator atau dua kutub baterai. Sebuah elektron bermuatan e yang bergerak dari bagian kutub negatif ke kutub positif dari konduktor luar baterai menggunakan gaya gerak listrik V akan memperoleh energi e x V Joule.

Pada dasarnya sumber GGL induksi tersebut adalah segala jenis alat dengan muatan negatif dan positif yang terpisah. Kedua ujung alat tersebut dinamakan dengan terminal. Muatan yang positif akan menumpuk pada terminal positif, sedangkan muatan negatig akan menumpuk pada terminal negatif.

Contoh Dari Gaya Gerak Listrik Pada Kehidupan Sehari-Hari

  • Gerakan bolak-balik magnet di sebuah kumparan bisa menghasilkan sebuah gaya gerak listrik yang bisa dilihat dengan menyimpangnya galvanometer.
  • Apabila ditelusuri secara mendalam kipas angin di rumah anda akan memiliki aplikasi dari gaya gerak listrik ini. Ketika kipas angin tersebut dicolokkan dengan sumber PLN lalu baling-balingnya mulai memutar.
  • Ini terjadi karena adanya aliran arus PLN di kumparan kipas angin sehingga menimbulkan medan magnet yang akhirnya menjadikan balingbaling kipas berputar.
  • Pernahkah anda memperhatikan apabila suatu logam besi dililitkan di sebuah kumparan yang dialiri listrik bisa berubah menjadi magnet. Kemudian logam tersebut bisa menarik atau mendorong logam yang lainnya. Fenomena ini juga dinamakan dengan gaya gerak listrik.

Nah, itulah ulasan mengenai pengertian gaya gerak listrik dan juga contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Jika diperhatikan, banyak sekali contoh dari gaya gerak listrik di sekitar kita selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas.