Pengertian, Manfaat, Dan Aturan Pakai Cefadroxil

Cefadroxil merupakan sebuah obat antiobiotik yang dapat dipakai dalam mengatasi bakteri yang ada didalam tenggorokan, kulit, saluran kencing dan jantung. Cefadroxil adalah sebuah obat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang tidak diperlukan oleh tubuh dan memerangi sejumlah bakteri jahat dan mengembalikan fungfi organ tubuh menjadi lebih baik seperti semula. akan tetapi, sebelum meminum cefadroxil dianjurkan berkonsultasi kepada dokter agar lebih aman.

Sama halnya seperti antibiotic lainya, cefradoxil harus diminum sesuai resp dan anjuran dokter. Perlu diketahui bahwa cefradoxil hanya diperuntukan pada penyakit yang terinfeksi oleh sejumlah bakteri atau virus seperti flu dan pilek. Cefadroxil merupakan sebuh obat yang dapat digunakan diberbagai kalangan seperti anak-anak, bahkan dewasa. Namun, cefradoxil jangan pernah dikonsumsi secara bebas tanpa berkonsultasi kepada dokter, hal itu dikhawatirkan pemakaian yang salah justru dapat menimbulkan beberapa resiko. Adapun beberapa manfaat cefradoxil yang perlu diketahui diantaranya

  • Dapat mengobati saluran kemih yang terinfeksi oleh spesies coli, P. mirabilis dan Klebsiella.
  • Infeksi kulit yang disebabkan oleh Staphylococcus dan
  • Dapat mengobati saluran pernafasan yang terkena infeki bakteri
  • Mengobati permasalahan telinga, hidung, tenggorokan yang terinfeksi virus dan bakteri
  • Ginjal
  • Tulang dan sendi
  • Sistem reproduksi perempuan
  • Dapat dipakai pasien yang alergi dengan panisilin pada saat gangguan jantung, pada prosedur pencabutan gigi, dan mencegah perkembangan infeksi pada katup jantung.

Begitu banyak manfaat cefadroxil, akan tetapi jika anda hendak mengkonsumsi cefadroxil patikan anda menanyakan dan tetap berkonsultasi kepada dokter agar obat yang anda minum benar-benar berguna dan mempunyai efek yang baik bagi kesehatan anda.

perlu diketahui juga pemakian cefadroxil juga mempunyai sebuah efek samping diantaranya, diare, gannguan pencernaan, gangguan pada pencernaan, peradangan, mual dan muntah. Jika anda mengalmi beberapa gejala efek samping gersebut dalam jangka waktu yang lama bahkan berhari-hari maka anda perlu berkonsultasi kepada dokter dan menjelaskan beberapa keluhan, akan tetapi penggunaan cefadroxil dalam jumlah dosis yang tepat dan pemakaian yang benar biasanya tidak akan mengalami beberpa keluhan tersebut. Karena jumlah dosis pasti akan berpengaruh pada kesehatan tubuh oleh karena itu penting mengetahui jumlah dosis cefradoxil yang baik untuk tubuh. berikut penjelasan tentang aturan pakai cefadroxil yang tepat diantaranya

  • Biasanya dosis yang dianjurkan oleh dokter adalah 1-2 gram per hari selama 5-10 hari
  • Dosis maksimum biasanya 4 gram per hari
  • Untuk anak-anak biasanya jumlah dosis akan ditentutan berdasarkan berat badan

Pada kemasan obta pastinya sudah ada aturan pakai dalam penggunaan obat yang sesuai dengan anjuran doker.  Jangan pernah mengubah dosis obat pada pemakaian tanpa anjiura  dari dokter agar anda tidak mengalami beberapa permasalahan seperti overdosis atau permasalahan lainya. Pastikan anda meminum cefadroxil dengan menggunakan air putih dan jangan mengunyah cefadroxil  atau membuka capsulnya terlebih dahulu. Cefadroxil adalah sebuah obat yang dapat dikonsumsi baik sebelum makan atau setelah makan dan pastikan terdapat sebuah jarak waktu saat mengkonsumsi cefradoxil. Adapun beberapa peringatan yang perlu anda pahami sebelum menggunakan cefadroxil diantaranya

  • Berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakan cefadroxil, tentang anda sebelumnya apakah mengkonsumsi jenis obat-obatan lain atau jenis supleman lainya.
  • Bagi Penderita gangguan ginjal, asma, dan gangguan pencernaan sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.
  • Apabila terdapat reaksi overdosis obat maka segeralah berkonsultasi kepada dokter.