Pertanian 4.0 : Solusi Digital Terbaru dalam Bertani

Dengan adanya kenajuan ekonomi yang terus berubah, profitabilitas produksi pertanian terkadang menjadi masalah sensitif bagi banyak petani.

Di satu sisi, kita memiliki biaya alat produksi yang terus meningkat, di sisi lain – pengembalian yang tidak pasti yang secara signifikan membatasi peluang investasi.

Semakin banyak petani yang ingin meningkatkan profitabilitas pertanian mereka beralih ke alat digital yang menyederhanakan pekerjaan sehari-hari mereka dan membantu mereka untuk lebih tepat dalam kegiatan pertanian mereka.

Dalam artikel ini kami ingin menunjukkan kepada Anda, secara singkat, apa saja aplikasi dasar teknologi modern di bidang pertanian dan bagaimana teknologi tersebut dapat membantu, secara nyata, para petani saat ini.

Solusi yang sangat berguna, terutama dalam hal pertanian presisi, adalah yang terkait dengan analisis tanah, yang saat ini dapat dilakukan bahkan oleh petani.

Solusi terbaru bekerja berdasarkan sensor canggih dan teknologi GPS dan merupakan alat yang sangat berguna, terutama untuk pertanian yang lebih kecil, tetapi tidak hanya untuk mereka.

Dengan demikian, dengan menganalisis sampel, petani dapat menilai sendiri profil tanah dan ada tidaknya unsur hara makro tertentu, dengan tepat memperkirakan daerah mana yang paling subur dan paling tidak subur.

Informasi ini memiliki dampak terukur pada pemilihan jumlah pupuk yang tepat sesuai dengan kebutuhan nutrisi tanaman itu, dan dalam jangka panjang dapat berdampak langsung pada keuntungan dan profitabilitas pertanian.

Manajemen informasi:

Bagaimana kita bisa mengetahui apa yang terjadi di pertanian pada waktu tertentu?

Bukan rahasia lagi bahwa perangkat dan aplikasi seluler memungkinkan pertukaran data dan informasi yang cepat, mendorong efisiensi kerja lapangan dan perencanaan operasi pertanian.

Kami juga membicarakan sejumlah manfaat pengarsipan data dan digitalisasi dokumen yang selama ini hanya ada di media fisik (seperti peta atau laporan harian).

Selain itu, solusi seperti yang ditawarkan oleh eAgronom, memungkinkan Anda untuk memiliki gambaran umum tentang tanah yang Anda miliki hanya dengan satu klik, dan membuat jurnal dari aktivitas yang dilakukan di sana.

Keuntungan utama dari solusi ini adalah semua informasi yang diperlukan sekarang ada di satu tempat, dan pengambilan keputusan sehari-hari menjadi jauh lebih mudah. Kami percaya bahwa ini adalah nilai tambah yang besar bagi petani modern, karena tidak hanya menyederhanakan pekerjaan sehari-hari, tetapi juga dapat mengoptimalkan biaya dan juga menghemat waktu yang berharga.

Sumber Referensi : Doni Bastian, Komunitas Pertanian Sariagri