Sebelum Terjun ke Dunia Investasi, Pahami Definisi Decentralized Finance

 

Decentralized Finance adalah ekosistem aplikasi keuangan yang berbasis blockchain. DeFi bisa beroperasi tanpa otoritas pusat layaknya bank maupun institusi keuangan lain. Lebih jelasnya, Anda bisa simak pembahasan berikut.

1. Pengertian DeFi

Banyak yang bertanya apa itu defi. Decentralized Finance adalah aplikasi yang memanfaatkan smart contract, yang berjalan. Lazimnya memakai blockchain Ethereum, guna memperoleh pinjaman berwujud aset kripto.

Contohnya Anda dapat mengagunkan Ether (ETH) agar memperoleh pinjaman stablecoin DAI dengan nilai dolar AS.

2. Cara Kerja Decentralized Finance Adalah

Dibangunnya beragam aplikasi DeFi pada dasarnya bermula dari penemuan blockchain Ethereum berteknologi smart contract. Smart contract merupakan sebutan untuk sebuah program komputer.

Program tersebut ditulis di atas blockchain Ethereum. Saat suatu keadaan tertentu yang tertera dalam program terpenuhi, smart contract akan menjalankan perintah.

Perintah tersebut telah terprogram otomatis. Baik untuk transfer token antar alamat Ethereum, maupun melakukan transaksi lainnya.

3. Teknologi Smart Contract Pada Decentralized Finance

Menggunakan teknologi smart contract, blockchain Ethereum akan memungkinkan tingkat pemrograman jadi lebih kompleks. Hal ini akan memberikan developer kebebasan guna bereksperimen menggunakan kode mereka sendiri.

Developer juga bebas membuat aplikasi yang dinamakan sebagai Decentralized Applications (DApps). DeFi dasarnya merupakan DApps yang fokusnya untuk menciptakan layanan keuangan tradisional jadi terdesentralisasi.

Bila sebelumnya layanan keuangan bergantung terhadap lembaga layaknya bank yang bertindak sebagai perantara. Namun, berbeda dengan DeFi.

Seluruh proses transaksi dilaksanakan oleh kode yang tertulis di smart contract. Kode aplikasi DeFi umumnya transparan serta open-source.

Di mana para pengguna bisa memverifikasi kode aplikasi mereka sendiri. Dengan demikian, pengguna bisa mempunyai kendali yang penuh atas dana yang dimiliki.

4. Cara Mulai Menggunakan Decentralized Finance Adalah

Pertama, Anda harus mempunyai wallet Ethereum yang bisa berinteraksi dengan dApps. Salah satu jenis wallet yang umum dipakai yakni MetaMask.

Kedua, Anda harus mempunyai cukup ETH di wallet tersebut supaya bisa melakukan transaksi menggunakan protokol DeFi yang Anda ingin pakai. Saat ini, mayoritas protokol DeFi dirancang di atas blockchain Ethereum.

Oleh sebab itu, Anda harus membeli ETH maupun koin ERC-20 ketika ingin menggunakannya. Namun, telah ada banyak opsi aplikasi DeFi yang memakai blockchain Binance Smart Chain. Aplikasi tersebut memanfaatkan BNB sebagai mata uangnya.

Terakhir, Anda jangan lupa pula untuk mempelajari lebih dulu aplikasi yang ingin digunakan sebelum membeli token serta bertransaksi lewat aplikasi tersebut.

5. Mengapa DeFi Penting?

Kelebihan utama dari kehadiran ekosistem DeFi yakni kemudahan akses untuk tiap orang dalam memanfaatkan layanan keuangan apapun. Sistem keuangan yang tradisional bergantung pada lembaga penengah, misalnya bank.

Hal tersebut bertujuan agar dapat menghasilkan keuntungan. Namun, ini malah menyebabkan layanan keuangan tak selalu bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat.

Khususnya masyarakat yang berpenghasilan rendah. Dengan DeFi, biaya memakai layanan keuangan dapat berkurang secara signifikan.

Pada akhirnya hal tersebut akan membuka pintu bagi seluruh lapisan masyarakat guna memanfaatkan layanan keuangan.

6. Penemuan Aplikasi DeFi

Penemuan-penemuan aplikasi DeFi dasarnya akan mendorong terwujudnya inklusi keuangan. Selain itu juga kondisi yang memungkinkan tiap orang memiliki akses dalam menggunakan produk maupun layanan jasa keuangan.

Hal tersebut diperlukan sebab inklusi keuangan sudah terbukti mampu membantu orang keluar dari kemiskinan. Di samping itu juga mengurangi kesenjangan sosial serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

7. Kesimpulan

Bila sebelumnya layanan keuangan yang ada bergantung pada lembaga seperti contohnya bank agar dapat bertindak sebagai perantara. Berbeda dengan DeFi, sebab fungsi perantara dijalankan oleh kode yang tertulis di smart contract.

Dengan DeFi, biaya memanfaatkan layanan keuangan jadi berkurang secara signifikan. Hal ini akhirnya dapat membuka pintu banyak lapisan masyarakat guna memakai layanan keuangan.

Decentralized Finance adalah hasil kemajuan teknologi yang memudahkan banyak orang. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya juga? Silakan Download Coinomo di Play Store dan Download Coinomo di App Store.