Songwriting – Cara Melampirkan Lirik Anda ke Suasana Lagu Anda untuk Menguntungkan Musik Anda

Lagu biasanya paling efektif jika liriknya menyatu dengan suasana musik. Anda mungkin pernah mendengar contoh sederhana tentang hal ini dengan diajarkan bahwa lagu-lagu tentang hal-hal bahagia harus dimainkan dalam kunci mayor, sementara lagu-lagu yang lebih menyedihkan lebih tepat dimainkan dalam kunci minor. Ini tentu saja pemikiran yang valid, tetapi mengikat kata-kata Anda ke musik Anda tidak harus terbatas pada itu. Ada banyak sekali peluang untuk menciptakan prosodi dalam musik Anda dengan mengawinkan suasana hati lagu Anda dengan lirik dan gagasan keseluruhannya.

Ada contoh bagus tentang ini dalam lagu “Berjalan di Kaca Pecah” oleh Annie Lennox. Judul lagu ini adalah visual keren yang menghubungkan ide patah hati dengan berjalan di atas pecahan kaca. Itu sendiri adalah lirik yang bagus karena tidak hanya ide berjalan di atas pecahan kaca yang mudah divisualisasikan, tetapi juga sesuatu yang dapat Anda rasakan ketika Anda mendengarnya dijelaskan. Sensasi kaca keras di kaki telanjang Anda mudah dibayangkan, jadi itu pencitraan yang bagus. Itu melakukan pekerjaan yang baik untuk membawa Anda ke dalam adegan cerita.

Di sisi lain, di bawah lirik tersebut terdapat ranjang musik (atau susunan alat musik yang dimainkan di bawah melodi) yang memiliki rasa yang sangat staccato, untuk sebagian besar lagu. Synthesizer dan piano dimainkan dengan cara yang sangat kasar dan rusak.

Hubungan yang dibuat antara lirik dan musiknya adalah bahwa ketika lirik tersebut membahas seseorang yang berjalan di atas pecahan kaca, musik tersebut memiliki melodi yang berada di atas aransemen musik yang putus-putus dan staccato di bawahnya. Anda hampir dapat menganggap melodi sebagai karakter utama sementara tempat tidur musik di bawahnya adalah pecahan kaca, jika Anda ingin memikirkan hubungan ini dalam bentuk analogi.

Tentu, ada saat-saat dalam lagu ini di mana musiknya tidak staccato dan rusak. Tetapi sebagian besar waktu ketika frasa “Berjalan di atas pecahan kaca” dinyanyikan, itu https://m.travelagu.com/ ┬ámelekat pada tempat tidur musik “pecah” di bawahnya. Ini adalah isyarat yang bagus dan menetapkan suasana hati yang sesuai untuk lagu tersebut. Jadi tidak hanya lirik deskriptif yang membantu menarik kita ke dalam cerita, tetapi juga nuansa pengiring musiknya.

Satu-satunya kritik yang bisa saya buat di sini tentang bagaimana musik mengikat makna lagu, adalah bahwa lagu ini ada di kunci utama. Anda dapat mendengarnya dalam suara musik yang “bahagia”. Namun, liriknya tentang patah hati, jadi mungkin lagu ini bisa mendapat manfaat dari musik yang terdengar sedikit lebih melankolis.

Tapi selain itu, lagu ini menunjukkan kepada kita pelajaran yang baik dalam prosodi dan mengikat mood lagu kita dengan apa yang dikatakan melalui penggunaan suara staccato yang melekat pada konsep “pecahan kaca”. Saya sarankan mencoba membuat gerakan seperti ini dalam musik Anda sendiri bila memungkinkan. Ini akan membantu menciptakan pengalaman mendengarkan yang memuaskan bagi audiens Anda.