Tata Cara Daftar Asosiasi Fintech Indonesia Lengkap

Keberadaan fintech OJK terpercaya dalam urusan pinjaman online maupun transaksi lainnya biasanya perusahaan sudah tercatat dalam daftar Asosiasi Fintech Indonesia. Perlu diketahui AFTECH sangat menjunjung tinggi tata kelola organisasi dan integritas.

Selain itu, mengutamakan keterbukaan, tanggung jawab, akuntabilitas dan independensi, serta menjalankan fungsi yang ditunjuk oleh OJK.

Bagaimana Cara Daftar Asosiasi Fintech Indonesia sebagai Anggota

Anggota Asosiasi mempunyai kewajiban sekaligus hak berbeda dalam mengambil keputusan dan pemungutan suara. Hal itu mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Meskipun demikian, secara keseluruhan anggota bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah ditentukan oleh AFTECH.

Tata Cara Pendaftaran Anggota AFTECH

Terdapat beberapa syarat utama bagi sebuah lembaga yang ingin bergabung sebagai anggota AFTECH. Perusahaan harus memiliki legalitas dari Indonesia berbadan PT sekaligus mempunyai model bisnis bidang teknologi finansial. Berikut beberapa dokumen legalitas yang wajib dipenuhi:

  1. Fotokopi Izin Usaha maupun lainnya yang dikeluarkan oleh pihak Agensi OSS, BKPM, Bank Indonesia maupun OJK.
  2. Fotokopi Akta Pendirian, Anggaran Dasar sekaligus perubahannya. Selain itu pengesahan, penerimaan maupun persetujuan pemberitahuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  3. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang dimiliki oleh perusahaan
  4. Salinan dari Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) milik perusahaan apabila ada.
  5. Salinan dari Tanda Daftar Perusahaan (TDP) maupun Nomor Induk Berusaha (NIB) dari pihak Agensi OSS
  6. Surat konfirmasi bertanda tangan Perusahaan memuat daftar anggota manajemen dari pihak perusahaan dan PIC perusahaan untuk perkumpulan Fintech Indonesia mewakili perusahaan.
  7. Deck presentasi mengenai profil sekaligus bisnis dari perusahaan
  8. Tiga surat rekomendasi dari Anggota Tetap AFTECH
  9. Standard Operating Procedure (SOP) perlindungan konsumen maupun SOP keamanan data pengguna.

Itulah informasi lengkap seputar daftar Asosiasi Fintech Indonesia bagi perusahaan yang ingin mendaftar, pastikan sudah memenuhi syarat di atas. Alasannya pun tidak lain adalah agar langkah Anda untuk bisa bergabung dan menjadi anggota AFTECH bisa dilakukan dengan mudah dan lancar.

Menarik sekali bukan ulasannya? Semoga informasi yang kami berikan untuk Anda bisa menjadi referensi yang tepat dan bermanfaat yah!