Tips Budidaya Tanaman Kurma di Indonesia

Budidaya pohon kurma sempat menjadi trend di Indonesia. Buah yang sama dengan makanan berbuka puasa ini mempunyai market share yang besar. Apa lagi sekarang ini tidak banyak kebun kurma di Indonesia. jika anda berminat untuk membeli tanaman kurma belilah di nuansaindah.id penjual pohon kurma terpercaya.

 

Banyak yang ragu apa Indonesia pas untuk menanam kurma? Pertanyaan lumrah, karena sejauh ini kurma banyak ditanamkan di Timur tengah dengan cuaca subtropis. Sementara Indonesia sendiri beriklim tropis.

 

Tetapi tidak boleh salah, kurma kenyataannya dapat diperbudidayakan di Indonesia. Namun masalahnya ialah pada langkah pilih benih kurma, apa dari kultur jaringan atau dapat dari bijinya saja?

 

UNS Solo Gelar Workshop Diseminasi Hasil Riset Peningkatan Agribisnis Kopi

 

Budidaya kurma melalui kultur jaringan atau biji dapat dilaksanakan asal perawatannya tepat. Seperti diambil dari keinginanrakyat.com, berikut keterangan perbedaan budidaya pohon kurma dari kultur jaringan atau bijinya, seperti diambil dari:

 

Budidaya Pohon Kurma

 

Bila Anda pilih membudidayakan kurma dengan bijinya, Anda perlu pilih biji yang bagus supaya penyemaiannya tidak memiliki masalah dan pohon kurma dapat berbuah.

 

Tetapi, begitupun saat Anda membudidayakn kurma dari kultur jaringan. Anda harus pastikan pohon indukan ialah bibit yang baik.

 

Mekanisme kultur jaringan ini tidak selama-lamanya bagus. Terdaftar di Thailand, dari perkiraan panen kurma tiga tahun, realitanya dapat sampai enam tahun. Apa lagi saat berbuah, rasa kurmanya berasa sepat di mulut, dan buahnya juga gampang rontok.

 

Karenanya penyeleksian induk perlu jadi perhatian. Tidak terus-terusan menyaksikan perkembangannya yang cepat, tetapi rasa buahnya harus juga manis.

 

Tetapi, bila Anda pilih budidaya pohon kurma dengan kultus jaringan, harga benihnya masih termasuk mahal. Anda perlu mengambil kantong sampai Rp 2,lima juta per benih.

 

Karenanya, Anda juga bisa pilih membudidayakan pohon kurma dengan bijinya. Biji kurma lebih dulu harus disaring. Umumnya biji kurma yang tiba ke Indonesia datang dari Arab Saudi.

 

Saat benih kurma itu ditanamkan, biji itu lebih dulu akan menyesuaikan dengan cuaca tropis. Penyesuaian ini dapat hasilkan buah kurma yang bagus, juga bisa kebalikannya.

 

Pilih biji dari negara yang suhunya sama dengan Indonesia benar-benar dianjurkan. Ini dilaksanakan supaya buah yang dipanen dari pohon kurma rasanya manis.

 

Menahan Rugi Karena Pohon Kurma Tidak Berbuah

 

Budidaya pohon kurma di Indonesia ada saatnya tidak untung karena pohonnya lama tumbuh, belum juga tidak berbuah walau sebenarnya telah menanti lama. Tetapi, pohon kurma dapat disadap niranya, karena itu menanam kurma tidak sampai tidak untung banyak.

 

Menyadap nira dari pohon kurma pasti berlainan dengan menyadap kelapa atau aren. Pohon kurma harus dibor lebih dahulu supaya air niranya keluar.

 

Nira dari pohon kurma ini bisa saja komoditas sangat jarang dan punyai prospect yang dapat diperkembangkan. Apa lagi rasanya cukup manis dan mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan.

 

Berguru pada Thailand atau beberapa negara Arab yang telah banyak menghasilkan nira kurma, lebih dulu pohon kurma yang tidak berbuah dipisah. Pohon ini diambil niranya. Disamping itu bunganya diambil untuk proses penyerbukan pohon kurma yang lain supaya berbuah.

 

Penyeleksian Biji Kurma

 

Budidaya pohon kurma dari bijinya, lebih dulu harus disaring dari indukannya. Karena semua indukan pohon kurma tidak mempunyai kualitas yang bagus, hingga bijinya tidak hasilkan buah seperti yang diharapkan.

 

Karenanya, pilih pohon kurma dengan genitive perkasa. Triknya tetapkan pohon indukan terbaik, berikan nomor pada beberapa contoh indukan pohon kurma itu. Kemudian kerjakan skoring untuk persyaratan yang Anda harapkan.

 

Misalkan pohon kurma A buah pada bijinya tebal, tetapi rasanya kurang manis, berikan score atau nilai. Lantas pohon kurma B, rasanya manis, tetapi buah pada bijinya kurang tebal. Dari score yang paling tinggi, karena itu itu indukan pohon kurma terbaik.

 

Disamping itu, penyemaian biji kurma yang bagus bisa juga dilaksanakan pada buah yang barusan dipanen. Upayakan buahnya tidak lebih dari dua saat panen. Ini untuk kurangi kekuatan ada peralihan struktur atau rasa karena keadaan buahnya.

 

Itu panduan tepat budidaya pohon kurma yang dapat diperkembangkan di Indonesia. Walau beriklim tropis, tetapi bukan mustahil menghasilkan buah kurma di teritori yang bukan sub tropis, asal pengatasannya tepat.

 

Sukses Mainkan Usaha Budidaya Tanaman Cukup dengan Ikuti Panduan Ini